[BUKU] Belanja Buku: Lebih Enak di Gramedia atau Togamas?

by - September 09, 2018

Seperti halnya membandingkan dua hal, tentu ada sisi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pihak. Sebagai seseorang yang sering menyatroni toko buku (meskipun jarang beli, hehe) berikut hal-hal yang bisa kita jadikan bahan pertimbangan ketika akan membeli buku di toko buku di kota anda.

'lihat' buku di toko buku

Nah, berhubung toko buku di kota saya, Jember, yang lumayan gede dan terkenal itu dua toko buku ini, Togamas dan Gramedia, maka saya akan membandingkan kelebihan dan kekurangan di toko buku ini. Siapa tahu akan jadi referensi kita untuk bahan pertimbangan mana yang lebih menguntungkan.

Tanpa ingin mendiskreditkan salah satunya, berikut ulasan saya sebagai review dan pengalaman pribadi dengan kurang dan lebihnya. Yuk, ah langsung saja.

GRAMEDIA

Lengkap
Kalau mau cari buku dari berbagai penerbit terutama yang baru rilis dan ramai-ramainya, Gramedia tempatnya. Dari buku-buku resep masakan hingga keagamaan terjejer berbagai pilihan. Dari psikologi terapan, kedokteran, hingga novel-novel sastra dan populer tersedia. Selain kelengkapannya ini, entah kenapa saya melihat tatanan buku di Gramedia ini nampak bagus dan buku-bukunya terjaga rapi walaupun sudah ada yang non-segel.

Ada diskon bagi member
Yang punya kartu member Gramedia, dapat diskon 10% untuk setiap pembelian buku dengan terbitan kelompok Gramedia seperti Grasindo, Gramedia Pustaka Utama, dan lain-lain. Dan dari pembelanjaan menggunakan kartu tersebut kita mendapat reward berupa poin yang nantinya poin tersebut bisa ditukarkan dengan buku atau pembelanjaan. Sayangnya untuk perpanjangan kartu ini (kalau nggak salah, masa berlakunya 2 tahun) butuh biaya Rp 50.000. Jadi menurut saya, jika nggak sering-sering belanja di Gramedia, justru akan minus untuk perpanjangan.

Harga Lebih Mahal
Dibandingkan toko lain, menurut saya, harga di sini cukup mahal kalau nggak dapat diskonan. Makanya sebelum saya membeli, biasanya saya cek harga dulu di sini, lalu ke toko buku lain. Kalau di sana ketemu buku yang saya inginkan dan lebih murah, saya ambil di sana (bukan Gramedia). Tapi ya memang lengkap dan banyak pilihan sih, jadi tetep cinta juga. Ibarat sebuah hubungan, kalau lagi kesal dengan kekasih, kita bisa bilang "untung sayang," jadi nggak jadi marah, deh. hehe

Keterangan Gramedia Jember


Lokasi: Jl. Trunojoyo No.85, Kauman, Kepatihan, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131
Telp: (0331) 489360
Jam Buka: Senin - Minggu pukul 09.00 - 21.00 WIB (Kecuali Sabtu hingga pukul 21.30 WIB) 


TOGAMAS

Si Toko Buku Diskon
Siapa yang nggak tertarik dengan diskon? Hmm. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi toko buku yang memasang slogan "diskon seumur hidup" ini. Bahkan tanpa memiliki member pun semua orang bisa beli dengan harga diskon 10-15%. Bahkan lagi, buku dengan harga yang sudah ditetapkan di sampul belakang buku (biasanya di bawah barcode buku dengan tulisan "harga pulau jawa sekian-sekian") itu pun masih didiskon. Sayangnya, Togamas ini masih di lingkup Jawa dan Bali untuk saat ini.

Gratis Sampul
Bagi yang punya kartu member Togamas, bisa gratis sampul sih katanya. Biaya pendaftaran jadi member sekitar Rp 25.000 terakhir saya tahu. Nah, saya nggak punya sih kartu membernya, jadi setiap beli buku ya langsung tambah sampul dengan biaya Rp 2.500 per buku. Hasil sampulnya rapi dong tentu.

Ada Garansi
Seperti yang pernah saya posting di tulisan sebelumnya tentang Mengembalikan dan Menukar Buku di Togamas. Kalau ada ketidaksesuaian dengan buku yang sudah kita beli, boleh ditukar dengan buku lain, karena Togamas memberi garansi selama 2 hari.

Kurang Lengkap
Memang jika dibandingkan dengan Gramedia, toko buku ini kurang lengkap untuk pilihan-pilihan buku di setiap kategorinya. Misalnya ingin membeli buku tentang motivasi, maka hanya ada judul-judul tertentu yang beruntung bisa kita temukan di sini sehingga bisa kita beli dengan harga diskon. Dan tatanan bukunya sedikit kurang terawat, barangkali karena efek dari orang-orang yang mengembalikan buku bergaransi tadi, sehingga buku yang dikembalikan itu diletakkan kembali di tumpukan kategorinya dan lama-kelamaan nampak kusam dan lecek.

Pernah juga saya mencari buku terbitan penerbit X barangkali ada di Togamas, kan lumayan harga diskon, pikir saya.  Namun ternyata tidak ada, hanya ada di Gramedia.

Keterangan Togamas Jember

Lokasi:  Jl. Jendral Ahmad Yani No.45, Kampungtengah, Kepatihan, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68137
Telp: (0331) 423880
Jam Buka: Senin-Minggu (Setiap Hari) pukul 09.00 - 21.00 WIB

***

Nah, dari pengalaman tersebut, setiap kali ingin membeli pastinya kita sudah punya pertimbangan terutama dari segi ekonomi, apalagi untuk sobat-sobat yang lebih hemat. Karena setiap pilihan ada lebih dan kurangnya, bukan?

Kalau di kota teman-teman, toko buku apa yang menjadi favorit kalian? Atau bahkan jarang beli buku ya, hehehe.

You May Also Like

51 comments

  1. Oh, kak Ajeng tinggalnya di Jember tow ...
    Waah, tiap tahunnya ada gelaran fashion week keren ya disana.

    Kalo di kotaku, book store juga ada beberapa termasuk store berinisial G itu.
    Dan kalo beli buku aku ngga tentu beli store mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap mas himawan, setiap tahun ada carnival fashion. Hihi, udah pernah ke Jember belum? Main main lah...

      Hmm begitu ya, yang penting buku yang diinginkan didapet dongss hehehe

      Delete
    2. Kalau di G hampir semua buku terbitan anak buahnya perusahaan K, makanya tidak begitu lengkap, sepertinya terbitan dari selain K susah masuk.

      Delete
    3. Gramedia sepertinya sudah menjadi toko buku favorit bagi kebanyakan orang khususnya para pelajar ya...? Togamas baru kali ini denger...


      saya terfokus pada sesuatu pada gambar diatas...coba tebak ! kira-kira apa yang saya sorot soal poto diatas...?

      Delete
    4. Mas djagkaru: loh kok malah kebalik gtu sepertinya ya mas djang? Bukannya lebih luas ya cakupannya, ehe

      Kak Triknews: yuhu, Kak. saya tebak ya, cincinnya kah? Atau yang lain ya? Hahaha

      Delete
    5. Amin, ikut doain ya kelak kesampaian ke Jember nonton JFS.

      Ngomong-ngomong, kok aneh ya tadi aku lihat akun G+ nya kak Ajeng ternyata selama ini kita malah belum saling mengikuti ?.
      Tadi aku langsung klik mengikuti akun G+, kak.

      Delete
    6. Aamiin... Harus. hehe.

      Eh mas himawan, sepertinya memang begitu mas nampaknya tapi sebenarnya udah saling follow kok. Soalnya dulu kan sy begitu, kok terlihat belum mengikuti. Ternyata ada perbedaan ketika dibuka via browser dan via G+ app. hehe

      Delete
  2. Apa kabar Intlektual muda?

    Tulisan-tulisan seperti ini sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa atau siapa pun yang suka baca (masyarakat luas). Bagusnya lagi (menurut saya), berimbang. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas yang suka literasi adinda. Jadi mereka punya refrensi.

    Akan jauh lebih baik (menurut saya). Pada sub judul tentang Toga Mas. Tepatnya pada bagian kurang lengkap. Bagus jika ditambah seperti ini, kebanyakan buku di sini tentang masakan. Jadi jika mencari tentang masakan inilah tempatnya, selain diskon dan murah, topik tentang ini paling lengkap. Kurang lebih seperti itu maksud saya intlektual muda. Mohon maaf lho ini hanya saran.

    Selanjutnya boleh juga tu adinda jika ditambahkan alamat tokohnya, sehingga orang baru, (yups walaupun jarang).

    Alamat tokoh Gramedia di sini, Toga Mas di sini, jadi kalau naik angkot dari sini ke sini turun di sini, nyampe de. Yups kelihatan ribet, tetapi menurut saya pribadi ini akan memberi kesan lengkap. Ulasan ini pun sudah lengkap, tetapi akan jauh lebih lengkap jika ditambahkan, heheh. Gandong jangan marah yo... salam damai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar baik, Kaka Guru baek hati yang sa banggakan.

      Semoga begitu ya Kaka Guru, sa berharap ini bisa jadi tulisan asal-asalan namun tetap ada faedahnya begitu. Berarti Kaka Guru merasa begitu pula e? Kalau di wilayah sini lebih banyak buku perihal keterampilan seperti merajut, yang tentang kreasi begitu, termasuk masakan juga. Baik Kaka Guru, terima kasih masukannya, nanti akan saya sunting kembali soal jarak kedua toko tersebut supaya pembaca tau kemana dulu biar lebih efisien. Hehehe

      Salam hormat!

      Delete
    2. Bersyukur untuk sang Khalik jika masih diberi kesehatan.

      terkait berfaedah atau tidak biarlah sidang pembaca yang mengadili adinda. Tugas kita sebagai pewarta hanyalah berbagi konten postof untuk peradapan itu sendiri. salah satunya melalui ulasan yang diberi judul [BUKU] Belanja Buku: Lebih Enak di Gramedia atau Togamas?

      Kemudian masukan saya yang direspon dengan sangat baik, saya ucapkan terima kasih banyak, mohon maaf jika ada salah kata, sebab yang saya lakukan hanyalah usaha kecil untuk membuat konten yang menarik lebih bermanfaat lagi buat khalayak. salam, tetap semangat dan terus berkarya. Damai selalu

      Delete
    3. Benar Kaka Guru, terserah apa kata pembaca bermanfaat atau tidaknya. Heheh... Kita hanya sebatas memberi informasi.

      Eh tenang saja Kaka Guru tra perlu minta maaf sampe. Sa terima masukan yang membangun. Sa harus berterima kasih justru. Bukan begitu? Salam Damai.

      Delete
    4. heheh itu artinya murid budiman kwkwk, saya salut dengan yang seperti ini (terima saran). menurut saya itu karakter seorang pembelajar sejati karena dia tahu di atas langit masih ada langit. Dan jika ingin menggapai langit ketujuh harus selalu terbuka untuk konsep lain. saya suka dan itulah yang saya ajarkan kepada anak-anak. Lantas menjumpai pernyataan seperti ini jadi hanya satu yang bisa saya bilang, berbahagialah guru yang mengajarimu dulu adinda karena beliau berhasil dan hal yang sama buat kedua orang tua yang membesarkan karena moralitas sebagai peletak dasar intlektualitas seorang adinda Ajeng benar-benar diterapkan.. Salut. Terus berkarya "kata kita tidak pernah mati" salam damai

      Delete
    5. Sa selalu tersipu kalau dapat apresiasi bertubi tubi begitu Kaka Guru, hehe. Tapi baiknya sa anggap sebagai doa dan semangat supaya sa bisa tetap berpikir terbuka dan selalu introspeksi.

      Salam damai selalu!

      Delete
  3. togamas, belum ada di palembang. cuma kalau toko buku yang second kecil kecil an, ada.
    tergantung dompet juga kalau beli buku digramed sama urgent sih. baru ke gramedia .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Kak Fajar, karena togamas masih di lingkup Jawa dan Bali. Hehe. Iya, menyesuaikan dengan kondisi saja.

      Delete
    2. ooh, pasarannya jawa sama bali. nama nya keren mbak. togamas. pasti logonya keren juga

      Delete
    3. Betul, Kak Fajar. Masih disini sini saja. Logonya hijau-hijau gitu deh :D

      Delete
  4. tinggal di kota kecil gak ada keduanya, susah cari buku pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali, ya. moga lekas ada, kak.

      Delete
  5. Jujur saja, saya sekarang lagi malas baca buku hanya sekedar baca artikel pendek lewat Hp.
    Kalo dulu waktu semangat2nya, saya ga beli coz mahal, tapi pinjem di Perpusda, bisa sampai dua buku dalam satu minggu habis dilahap,...tapi ga tau nih sekarang lagi malas baca buku lagi.
    Kapan ya dimulai lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Aris, karena sekarang bacaan sudah ada di genggaman, dan bisa diakses kapanpun selama internet nggak lemot. Hehe. Itu juga, perpusda adalah alternatif bagi yang ingin sekedar baca tanpa ingin mengoleksi... Mulai lagi kalau sudah ingin saja mas, hehe

      Delete
  6. Saya pribadi kalau di Jogja pasti ke taman pintar book store, banyak pilihan disitu.
    Tapi kalau memang gak ada ya pasti ke gramed. Yang lengkap. Soal harga memang terbilang mahal. Tapi kalau udah jadi kebutuhan, harga terkadang gak jadi masalah. Yang penting dapet bukunya, dan dapet juga ilmunya..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, belum pernah masuk ke Taman Pintar walaupun agak sering maen ke Jogja nih saya mas. Nanti mampir deh. Hahaa itu dia yang perlu diprioritaskan, kebutuhan.

      Delete
    2. Pernah dulu nemani anak2 nyari buku di Taman Pintar book store.

      Delete
  7. Di Makassar yang saya tahu Gramedia. Dulu pernah ada Kharisma juga. Saya sudah lama sekali tidak ke Gramedia. Terakhir tahun 2015.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh Mbak Imah dari Makassar ya. Lama sekali ya, 3 tahun lalu berarti. Hehe

      Delete
    2. Saya dari Polewali Mandar, Mbak. Tapi dulu kuliah di Makassar. Gramedia adanya di Makassar, mbak. Di Polewali Mandar belum ada.

      Delete
    3. Oh, begitu. Saya kira di Makassarnya. Hehe. Terima kasih ya Mbak Ima sudah mampir. :)

      Delete
  8. Gramedia masih jadi pilihan saya, sebab lengkapnya itu. terus hampir setiap mall di jakarta ada. jadi mudah di jangkau.
    soal harga yang relatif sih. kalau suka walaupun mahal ya beli. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, benar Mas Andi :D lebih ke efisiennya juga ya.

      Delete
  9. Wah, pantas pas terakhir kali ke TogaMas lewat depan meja sampul buku kok sepi nggak ramai kayak biasanya. Ternyata jasa sampul sekarang bayar toh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kakak, jasa sampul bayar. Hehe...

      Delete
  10. Sayanya di Ende tidak ada tobuk sekelas Gramedia dan Toga Mas. Gramedia terdekat itu di Kota Maumere, beda kabupaten, haha. Yang di Ende hanya perpanjangan tangannya saja dan tentu tidak selengkap Maumere. Ada juga sih di sini tobuk Nusa Indah, tapi buku-bukunya tidak sekaya Gramedia, Toga Mas, atau Gunung Agung (masih ada kah tobuk Gunung Agung)? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Tuteh di Maumere, kah? Wah... Iya, kalau Gunung Agung masih ada. Hehe

      Delete
    2. Bukan di Maumere sayangkyu huwekekekek di Ende. Maumere itu Ibu Kota Kabupaten Sikka, kalau Ende ya Ibu Kota Kabupaten Ende. Dan di Ende masih butuh toko buku :D

      Delete
    3. Aduh, maaf Kak Tuteh :D hehehe... Semoga nanti Ende akan dipenuhi buku ya Kak Tuteh, baik itu toko buku dan perpustakaan atau taman baca pula.

      Delete
  11. Togamas? Aku baru denger tuh ada togamas utk beli buku. Biasanya aku beli buku di gramed ato gunung agung. Kalo lagi males banget, ya aku beli onlen di bukukita. Hmm, referensi baru nih togamas... O_O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, saya belum pernah mencoba beli buku via online kak, kapan-kapan mau mencoba ah.

      Delete
  12. Di Jogja juga sama... Dua-duanya tarik menarik pelanggan dengan diskon-diskonnya. Tapi gramedia bisa sampe di mall-mall...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebuah cara menarik minat beli masyarakat spy membaca. Dan, Gramedia ini keren memang ya mengular sekali. Hehe

      Delete
  13. Soal garansi, sepertinya di toko gramedia juga ada kok. Kalau ditempat saya, hampir semua toko gramedia telah saya buat review. Dan karena memang saya suka membaca dan koleksi mantan, eh salah ketik maksudnya buku.
    Togamas, ditempat saya sepertinya belum ada deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sip sip. Udah berapa koleksi mantannya mas djangkaru? Hahaha.

      Delete
  14. Mungkin di gramedia juga ada diskon kali ya wkwkwk misalnya kalau ada acara acara tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, mas glend. Kalau ada acara tertentu atau hari-hari besar yg berkaitan dg buku, biasanya gramed membikin promo-promo. Hehe

      Delete
  15. Kebetulan di kota ku ada Gramedia jadi aku lebih memilih ke Gramedia habis kalau ke Togamas tidak tahu tempatnya harus ke Jember.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya mas warman, ke tempat yang ada saja, kalau ke jember berat di ongkos nanti.

      Delete
  16. Sayangnya di Jayapura belum ada Togamas, jadi ya seringnya melipir ke Gramedia apalagi jaraknya deket banget hanya disebelah kantor, wkkwkw :))
    Cuma emang sih harganya mahal :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, kok asyik banget sih mas hans, kantornya deket dengan toko buku. Haha

      Delete
  17. Klo di Jakarta biasanya ke Gramedia karena belum tahu letak Toga Mas, klo di Jogja Toga Mas jadi toko buku incaran mahasisiwa (itu aku dulu deng), klo sekarang kurang tahu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. membantu perekonomian mahasiswa ya mas. hihi

      Delete
  18. Kalau aku sih jujur, ga pernah belanja di kedua-duanya. Kalaupun mampir ke gramed / gunung agung / togamas, paling cuma buat nemuin buku yang aku pengen aja. Setelah itu? Catat judulnya.. lalu cari di marketplace, hehehe.

    Ternyata selisihnya lumayan, bisa 10 - 20ribuan. Tinggal pake ekspedisi aja paling kena 5 ribu. (Hashtag : Lifehack anak kost)

    ReplyDelete