Menggunakan Fitur Baru Instagram "Ask Me Question"

Sejak 1 - 2 hari yang lalu di media sosial (instagram) saya mulai bermunculan pengguna-pengguna yang menyelipkan fitur "QUESTION" di instagram story-nya. Yang gemar main IG pasti sudah tahu, dong, fitur tersebut tampilannya seperti apa.


Tanyakan (aku) pertanyaan

Mulai ramai fitur ini bertebaran di IG following saya. Saya menyimak Oh, jadi kita (follower) diminta melempar pertanyaan nih ke orang yang pasang insta story tersebut. Saya kadang juga mengetikkan pertanyaan ke mereka semacam turut meramaikan saja. Memberi sedikit basa-basi have fun atensi pada mereka yang ingin diperhatiin. Lalu mereka membagikan  hasilnya menjadi story lanjutan yang berupa pertanyaan yang sudah kita ketik dan kirimkan beserta jawaban yang mereka sertakan di luar box tersebut. Hhm... Baiklah.

Beberapa saat kemudian, kawan baik saya ngeDM ngasih tahu kalau orang-orang sepertinya banyak yang salah paham dalam penggunaannya. Eh? Setelah diskusi sebentar, saya juga jadi berpikir, oh iya, ya.

Saya coba mengambil logika media sosial sebelah: Facebook yang sebelum kita update status, di kolom status tertulis samar What's on your mind? atau di Twitter yang tertulis What's happening? Nah barangkali Ask me question tersebut bermaksud sama. Maka, saat facebook bertanya What's on your mind, tak lantas kita mengetik status "What's on your mind?" lalu mendapat komentar teman tentang apa yang dipikirkan mereka, bukan? Pada umumnya. Begitu pula jika diterapkan ke yang lain.

Opini-opini yang bertebaran soal fitur baru ini juga menyebutkan kalau penggunaan macam tersebut jadi mirip seperti Ask.fm yang ngetren beberapa tahun silam. Saya bukan pengguna Ask.fm sih, tetapi banyak teman saya pakai, jadi sebatas tahu saja. Saya nggak pernah main Ask.fm juga karena minder duluan, emang siapa yang nanyain saya? Hiks. Kalau saya harus bikin anonim lalu melemparkan pertanyaan ke diri sendiri terus dijawab sendiri, halu dong jadinya. Ops! Ya udahlah ya. Hehe.

Setelah itu saya mencoba post instastory dengan fitur baru ini berupa pertanyaan.

Menggunakan Fitur Ask Me Question
1. Buka instastory di pojok kiri atas. Bidik sebuah foto atau apapun itu guna siap diberi fitur ini.
2. Klik icon "smile" di kanan atas atau swipe up layar untuk memunculkan banyak asesoris.
3. Pilih "QUESTION" !
4. Isi/sunting kolom yang bertuliskan Ask me question dengan pertanyaan yang ingin kita ajukan ke follower.

Setelah saya update story IG, saya juga ingin tahu, bagaimana selanjutnya untuk share jawaban tersebut. Oh, ternyata siapa-siapa yang mengetikkan respon di Ask me question kita, juga akan muncul di tab notifikasi. Respon -respon dari follower akan muncul di bagian siapa saja yang view. Nah, jika ingin mempostingnya menjadi story kita, tinggal klik saja lalu muncul pilihan untuk membagikan atau menghapus.

sebuah pertanyaan


Batasan Karakter
Ternyata fitur ini membatasi jumlah karakter yang bisa dituliskan di kolomnya. Jadi, hanya bisa digunakan untuk pertanyaan-pertanyaan pendek saja yang tak lebih dari tiga baris yang di dalamnya juga tak bisa main enter.

berani tawar berapa?

Full tiga baris

Tak hanya batasan panjangnya pertanyaan, tetapi kolom respon juga membatasi tiga baris saja. Jadi sepertinya ini hanya untuk pertanyaan-jawaban singkat saja, ya. Kalau diminta share soal pengalaman misalnya, pasti tidak muat. Menurut saya bagus sih, tidak langsung menuju ke DM, tapi semua respon terkumpul di satu story tersebut.


cukup tiga baris saja ya netizen! 

Terlepas dari apakah kita atau teman-teman atau pengguna di luar sana sudah menggunakannya dengan tidak semestinya sesuai kegunaan, mari kembali pada masing-masing. Juga kembali ke contoh facebook yang menggunakan What's on your mind-nya untuk menstimulus pengguna, sah-sah saja sebenarnya jika saya misalnya menulis "What's on your mind" di status karena sudah nggak punya ide lagi yang terlintas di kepala. Hahaha...

Yang gerah dan kesal melihat kelatahan para pengguna yang memakai fitur ini sebagai another ask.fm berpendapat kalau itu penggunaan yang nggak semestinya. Sementara yang sudah terlanjur menggunakan fitur tersebut sebagai fitur macam ask.fm mencoba 'melawan' opini pihak yang mencoba mengoreksi menyalahkan dengan berbagai alasan yang menunjukkan keselow-an (suka-suka dong ah) mereka. Yah, susah memang ngasih tahu netizen supaya berubah. Tapi tak apa lah, ya.

Its okay, setiap pihak memang kudu punya argumen masing-masing. Dan memang sudah wajar, setiap ada hal baru akan selalu disertai ke-excited-an netizen. Mari menggunakan media sosial dengan wajar dan bijak. Apakah saya sudah menggunakan dengan wajar dan bijak? Ya, belum tentu juga. Ask me question feature, let me ask you question! Teman-teman sudah coba fitur ini?

Comments

  1. Wow, ini fitur baru instagram, kak 😲 ?
    Keren yaa .. muncul kolom question begitu. Cakep pula warna kolomnya.
    Aku baru tau infonya dari artikel kak Ajeng ini, terimakasih ya.
    Akan kucoba ntar fitur anyarnya.

    Maklum aku tuh kalo buka ig belum pernah gunain fitur ig-storynya ...
    Xixixi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Fitur bau, dan banyak orang udah ramai excited dengan fitur ini, bejibun deh itu instagram story. Sama-sama Mas, sok dicoba. Betewe Ignya Mas Himawan lama nggak dipakai ya? Hahaha

      Delete
    2. Laah ... kok tau sih 😲 ?
      Hahahaaa ...
      Pernah lihat ig ku kah, kak ?.

      Aku gunain ig akhir-akhir ini buat share artikel ke teman-temanku di luar negri,kak.

      Delete
    3. Iya mas, soalnya kadang saling follow teman-teman blogger. Heheh

      Owh jadi memang tidak seintens ngeblog/blogwalking ya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Belanja Krisan di Kebun Bunga Rembangan, Bisa Pilih dan Cabut Sendiri

[Film] AADC 2, Sebuah Pertanyaan Tentang Cinta

Libur Lebaran ke Payangan, Kini Ramai dengan Bukit-bukit Pandang