3 Film Favorit Sepanjang Masa

by - Sunday, January 22, 2017

Film sudah menjadi hiburan yang melekat di era teknologi yang makin berkembang pesat ini. Beberapa film menjadi begitu berkesan bagi tiap orang. Film-film yang berkesan tersebut tentu tak membosankan untuk ditonton secara berulang. Biasanya film yang berkesan adalah film yang sangat relate atau membuat kita terhubung secara emosional dengan cerita maupun tokohnya.

Saya pun ada film-film yang begitu berkesan dan kadang mengingat setiap detil di dalamnya. Bisa jadi film juga menginspirasi penontonnya sehingga dikenang dengan baik dalam pikiran dan tak jarang sampai terobsesi dengan watak si tokoh.

Saya menyukai film sebagaimana saya menyukai buku khususnya buku cerita. Pada film, menyimpan berbagai kerumitan dari bagaimana membuat ceritanya, mengembangkan karakternya, proses adegan demi adegan. Saya belum pernah menyaksikan secara langsung pembuatan sebuah film, maka dari itu terkadang saya selalu berpikir bagaimana dan bagaimana cara berprosesnya gambar demi gambar itu.

Dari banyaknya film yang pernah saya tonton, jika diberi jatah 3 film saja untuk saya letakkan pada peringkat teratas saat ini adalah sebagai berikut:

3. Devil Wears Prada

The Devil Wears Prada movie
sumber gambar: www.apropotv.ro

Sebuah film yang diperkenalkan oleh seorang guru terbaik saya sewaktu kuliah. Menjadi berkesan karena di dalamnya tersirat tentang model kepemimpinan seorang Miranda (pimpinan Runaway, sebuah majalah fashion) dan hubungannya dengan asisten barunya, Andrea, yang harus serba cepat dan tepat saat bekerja dengan Miranda. Film berhasil beliau tanamakan dalam pikiran saya untuk mengingat beliau.

2. Kuch Kuch Hota Hai

Tina Rahul Anjeli on Kuch Kuch Hota Hai
sumber gambar: www.holabolly.com

Film India tahun 1998 ini semacam film yang saya kenal awal. Ibu saya menyukai lagu-lagu India. Kaset pita yang paling membekas dalam ingatan saya adalah kaset berisi lagu OST Kuch Kuch Hota Hai ini. Dan saat saya makin tumbuh, film ini menjadi favorit saya. Mengharukan, sampai saat ini saya masih menangis kalau nonton endingnya.

1. 3 Hari Untuk Selamanya

3 Hari untuk Selamanya
sumber gambar: www.indonesianfilmcenter.com

Film Indonesia favorit! Sebuah film perjalanan dari Jakarta ke Jogja yang dilakukan oleh Yusuf dan sepupunya, Ambar. Saya menikmati sekali perjalanan yang mereka lalui, serasa ikut. Dengan latar tempat paling banyak adalah dalam mobil, ceritanya sungguh mengalir, dialog demi dialog serasa percakapan alami yang terjadi tanpa berpikir. Sederhana, mungkin orang bilang membosankan bisa saja, tapi begitu kompleks saya pikir. Cerita selama perjalanan banyak hal yang terjadi. Film ini semacam menyelipkan unsur budaya anak muda yang bebas, tradisi orang tua, unsur mistis Jawa, bahkan percintaan yang agak mustahil bisa terjadi antar saudara. Perkembangan karakter dan emosinya pun terbangun secara alami dan pelan-pelan dari bahagia, saling marah, hingga berbaikan kembali sepanjang jalan. Akrab sekali dengan kehidupan sehari-hari jika kita melakukan perjalanan dengan seseorang, hal-hal seperti itu bisa lumrah terjadi. Dan yang paling saya suka, diperankan oleh Nicholas Saputra dan Adinia Wirasti. Lagu-lagu yang dinyanyikan Float pun mengiringi sepanjang jalan. Asyik saja begitu. Jadi, saya terkesan dengan film ini bukan karena unsur luar atau berpengaruh dalam kehidupan saya, tetapi murni karena cerita dan isi film tersebut.


Itulah 3 film yang begitu berkesan bagi saya hingga tulisan ini dibuat. Tentunya banyak film-film bagus yang menginspirasi, sedikit banyak mengait ke kehidupan kita. Sebab film adalah karya, adalah cerita, maka saya selalu memikirkan sesuatu setelah nonton film apa pun. Lantas, apa arti film bagimu?


---------------
Tulisan ini merupakan tulisan Day 5 dari 10 Days of Writing Challenge oleh @kampusfiksi #10DaysKF [Tulis 3 Film yang paling berkesan buatmu, dan jelaskan kenapa berkesan.]

You May Also Like

0 comments