[Film] Raditya Dika, SINGLE.

by - Sunday, December 20, 2015

Rilisnya film SINGLE Raditya Dika pada 17 Desember 2015, membuat para followersnya yang masih single dan sudah nggak single double, antre ke bioskop untuk nonton. Kebetulan saya salah satu followernya, dan masih suka berstatus judul filmnya #okesip (skip!).



poster film SINGLE via Ig: @filmnasional

Saya bukanlah penonton film garis keras. Ah, boro-boro, ke bioskop jarang. Eh, apalagi bioskop di kota saya mah tidak seperti di kota-kota besar, tentu saja gak semua film tayang. Yah, saya sih mohon maaf kepada pembuat film, saya lebih sering nonton dari filenye di warnet atau nyewa di rental. Cuma kalau film-film tertentu yang bener-bener ingin ditonton, baru deh senang hati menukar uang dengan tiket. Lagian, menghemat juga, saya masih mahasiswa, lhoh.

Jumat sore adalah hari yang pas untuk hiburan, karena antara weekday dan weekend. Saya putuskan untuk nonton film SINGLE. Sebelum berangkat, saya cari teman dulu siapa tahu ada yang mau diajak. Bukannya takut sendirian, sih, ya masa status penonton dan judul filmnya sama, nanti orang bingung mau nonton Single yang mana. (Oke, mulai nggak penting).

Dan beberapa teman yang sempat saya kirimi pesan, belum ada respon. Ya sudah saya langsung berangkat, takutnya telat, jarak rumah ke bioskop ini sekitar 28km. Beberapa kali saya berhenti di jalan, ngecek HP barangkali mereka balas, jadi akan saya jemput. Ternyata HP tetap adem-adem aja. Sampai cek terakhir kali di jalan dekat bioskop, sama saja. Fix, single, dan fix nonton film SINGLE!

Sinopsis

Tidak seperti di film-film sebelumnya yang Radit selalu memerankan dirinya sendiri. Di film SINGLE ini Radit memerankan seorang cowok single 27 tahun bernama Ebi yang susah dalam mendekati cewek. Bersama dua sahabatnya, Wawan yang diperankan oleh Pandji Pragiwaksono, dan Victor yang diperankan oleh Babe Cabiita. Ebi, cowok single ngenes yang masih belum dapat pekerjaan sampai tidak bisa bayar kost. Kemirisannya itu bertambah saat adiknya yang telah mapan, Alva akan menikah, dan ibunya justru mendesaknya untuk punya pasangan.

Annisa Rawless, memerankan Angel, seorang anak kost baru di kost tempat Ebi dan kedua sahabatnya tinggal. Di situlah kisah pengejaran Ebi pada Angel dimulai. Namun ada seorang Bang Joe, diperankan youtuber Chandra Liow, ‘kakak’ yang juga mengejar Angel sejak lama dan menjadi saingan berat Ebi.

scene film Single Ebi dan Angel 
Sementara Wawan dan Victor meski telah punya pasangan, namun memiliki masalah masing-masing. Wawan yang tidak pernah mempercayai perselingkuhan pasangannya, dan Victor yang mempercayai bahwa perjodohan yang diatur orang tuanya adalah yang terbaik. Ketiga sahabat itu akhirnya bermasalah ketika Ebi marah akibat akal Wawan dan Victor yang mencoba membantu pendekatan Ebi pada Angel. 


scene film SINGLE Ebi Wawan dan Victor

Ebi pun akhirnya pindah kost karena tak sanggup membayar dan belum juga mendapat pekerjaan, juga pasangan. Ia berada di titik lowess level of life. Hingga pada akhirnya dari hal-hal yang ia alami, ia ceritakan pada suatu acara, ia berstand up comedy. Dari situ kehidupan Ebi mulai bangkit. Lantas, apakah kisah cintanya itu juga akan menemui titik bahagia?


***


Pada bagian pembuka film, saya sudah tertawa karena memang lucu, dan malah berkaca-kaca saat Ebi ditolak cintanya. Radit selalu membuat film dan karya-karya lainnya dengan komedi pakai hati. Ini film memang lucu tapi bikin baper. Seperti twit bang @radityadika ini.

kata Radit soal #FilmSingle

Ada kutipan yang saya suka, kalau tidak salah sih, ini mengandalkan ingatan, ya. “Single itu gak selamanya harus jadi pacaran kan, Bi?” “Yang salah itu, kalau single tapi maksa pacaran.” Ini film bagus, ngasih tahu bahwa terjebak di keadaan yang tidak kita sukai justru membuat kita menghadapi berbagai hal yang bisa menjadi pelajaran berharga sehingga diri kita sendiri ada kemauan untuk berkembang dan terus mencari jalan keluar. Banyak pesan tentang relationship. "Jadi single itu enak, bebas mau deketin siapa aja, tapi juga bebas ditolak siapa aja."

Dan, katanya sih, ini film Radit yang menghabiskan budget besar. Semalam juga sempat baca twitnya bang @pandji. Nih, saya screenshoot-kan.

ss satu 

Beberapa followernya menjawab karena budget film ini besar.

ss dua



ss tiga
Saya pun langsung antusias dari awal film ini diputar. Namun, karena nontonnya bersingle, ya tertawa sendiri. Entah kenapa jadi kurang asyik, ya tertawa dan bahagia sendirian. Ya meskipun para penonton yang lain juga tertawa, sih. Ternyata kebahagian yang tidak dibagi justru membuat saya merasa sepi. Mana saya dapat duduk paling depan, karena belakang sudah penuh, dan kiri kanan kosong pun. Jadilah terasa agak pusing saat scene film bergerak cepat. 

Saat film habis dan keluar bioskop, sepertinya cuma saya yang nonton sendirian, lainnya berkelompok, atau berpasangan. Ah, mereka nggak menghargai judul filmnya banget, sih. Eh, tapi biasanya juga begitu, sih. Haha... Pulang, dan masih tersisa sedikit kliyengan.



Salam,
Single kere kliyengan
Maaf, nggak ada yang fotoin sempat foto depan posternya. Eh, teman-teman udah nonton belum? 

You May Also Like

8 comments

  1. Ingin nonton juga semoga belum turun... :)
    jadi dia ditolak ya??--->terlanjur baca spoiler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo nonton buru kak, di beberapa bioskop masih belum turun sih. Heheh... Ah menonton film mah mari nikmati kisahnya biar makin lengkap kak meski suda baca spoier :(

      Delete
  2. Keren reviewnya Mantaaap, jadi kebayang filmnya kocak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah nih.. karya kak Radit selalu kocak, mbak hihii

      Delete
  3. alamat kos radit di film single itu di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..
      nggak tau kak, kosnya sih sama dengan kosnya Alitt di film Relationshit.
      betewe pertanyaannya bagus.

      Delete
  4. Cuma ingat kocaknya nih film. Tapi lumayan bagus filmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton film Hangout di next movienya Radit, kak.

      Delete